Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat!

1. Faktor mikro yang mempengaruhi strategi pemasaran adalah ....

A. Pemasok

B. Ekonomi

C. Masyarakat

D. Pesaing

E. Mencatat pesanan


2.     Semua barang yang dibutuhkan manusia demi menunjang segala aktivitas dalam kehidupan sehari-hari merupakan pengertian dari ….

A.    A. Pasar

B.    B. Kebutuhan

C.    C. Potensi

D.    D. Keinginan

E.     E. Perdagangan

 

3.     Suatu proses atau upaya untuk mengelola data menjadi informasi baru adalah pengertian riset pasar berdasarkan ….

A.    A. Perumusan masalah

B.    B. Penentuan tujuan

C.    C. Pengumpulan data

D.    D. Analisis data

E.     E. Interpretasi hasil

 

4.     Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk pemasaran yang dipandang dari sudut pandang panjual adalah ….

A.    A. Produk yang bermutu

B.    B. Kebutuhan dan keinginan konsumen

C.    C. Biaya konsumen

D.    D. Komunikasi

E.     E. Kenyamanan

 

5.     Pasar yang membeli dan menjual produk dalam satu kota tempat produk itu dihasilkan disebut ….

A.   A. Pasar nasional

B.    B. Pasar lokal

C.    C. Pasar internasional

D.    D. Pasar tradisional

E.     E. Pertokoan

 

6.     Tas yang di produksi dapat didesain oleh konsumen sesuai keinginannya, sehingga satu tas dengan yang lainnya mempunyai keunikan atas desainnya masing– masing. Pernyataan tersebut dapat termasuk kedalam analisis …

A.   A.  Peluang

B.    B. Kelemahan

C.    C. Kekuatan

D.    D. Ancaman

E.     E. Hambatan

 

 

7.     Perhatikan pernyataan dibawah ini:

No

Pernyataan

1

Keinginan anak muda akan sesuatu barang yang simple dan tidak ribet

2

Harga yang ditawarkan masih dalam kisaran harga dipasaran, sehingga terjangkau oleh semua kalangan

3

Banyak orang yang menginginkan barang dengan desainnya sendiri

4

Dijaman era digital dewasa ini, membuat pesaing dapat dengan mudah melihat produk

 

Dari Tabel diatas yang termasuk hal yang harus diperhatikan dalam analisis peluang adalah …

A.    A. 1 dan 2

B.    B. 1 dan 3

C.    C. 1 dan 4

D.    D. 2 dan 3

E.     E. 2 dan 4

 

8.   Rita melakukan riset pasar ke toko kain, Rita bertanya mengenai permasalahan bahan baku yang akan digunkan, maka tahapan pertama yang dilakukan rita adalah …

A.    A. Perumusan masalah

B.    B. Mengumpulkan data

C.    C. Menganalisis data

D.    D. Interpretasi hasil

E.     E. Penentuan tujuan

 

9.     Untuk menunjang kelancaran kegiatan usahanya, sebaiknya seorang wirausaha mempunyai catatan yang rapi mengenai kegiatan dan kejadian yang terjadi setiap harinya. Catatan yang dibuat secara kronologis dan didokumentasikan disebut …

A.    A. Administrasi

B.    B. Pemasaran

C.    C. Gagasan

D.    D. Peluang

E.     E.  Ide

 

10.  Sumber daya yang harus dikelolah dalam menentukan bahan baku yang berkualitas untuk efektifitas dan ketercapaian usaha dalam bidang produksi adalah …

A.    A. Man

B.    B. Material

C.    C. Mechine

D.    D. Method

E.     E. Market


11. Faktor mikro yang mempengaruhi strategi pemasaran adalah ....

A. Pemasok

B. Ekonomi

C. Masyarakat

D. Pesaing

E. Mencatat pesanan


12. Yang dimaksud Wirausaha produk kerajinan untuk pasar lokal adalah ....

A. Penjualan produk kerajinan hanya di pasar luar negeri

B. Pembuatan produk kerajinan untuk dijual secara lokal

C. Penjualan produk kerajinan secara online

D. Menyediakan produk kerajinan untuk pasar internasional

E. Menyediakan produk kerajinan untuk pasar-pasar tertentu


13. Berikut yang merupakan salah satu keuntungan utama dari wirausaha produk kerajinan pasar lokal adalah ....

A. Potensi keuntungan yang besar

B. Target pasar yang sangat luas

C. Persaingan yang rendah

D. Keterbatasan peluang pertumbuhan

E.  Pembeli yang banyak.